Senin, 16 Januari 2017

Cara Mempercepat Pertumbuhan tunas dan Perbanyakan Anakan Pada Tanaman Rumput Odot

kebunia :: Bagi Anda yang sudah membudidayakan atau baru akan menaman rumput odot perlu Anda ketahui cara cepat memperbanyak tanaman rumput odot dari hasil pengalaman kami, karena dengan sedikit tehnik akan meningkatkan produksi pakan alami untuk ternak Anda. Ternyata kesuburan lahan dan hebatnya jenis pupuk yang digunakan tidak akan memberikan hasil yang maksimal, dengan kombinasi pupuk yang baik dan tehnik budidaya melimpahnya hasil panen rumput odot bisa didapatkan dalam waktu singkat dibanding dengan pola tanam tak beraturan atau tanpa perlakuan intensif. berikut ini kami sajikan hasil pengamatan dan percobaan cara cepat mempercepat pertumbuhan tanaman untuk menghasilkan batang dan anakan.

Cara Memilih Batang Rumput Odot Untuk Bibit

Cara memilih batang rumput odot untuk bibit adalah dengan cara memperhatikan ukuran dan umur tanamanan yang tidak terlalu tua sehingga sulit bertunas atau terlalu muda yang terkadang mudah mati. Pilihlah batang yang sudah memiliki ruas 3-5 ketika dikupas daunnya.
 Pangkas dengan menyisakan 2-3 ruas.
Dalam waktu 2-3 hari jika cuaca sering hujan tunas baru akan segera muncul.
Perhatikan hasil pertumbuhan tunas pada umur 3 hari ke atas.

Cara Cepat Memperbanyak Rumput Odot 

Cara cepat untuk merangsang pertumbuhan tunas agar tanaman rumput odot cepat berkembangbiak adalah dengan pembersihan pangkal daun, kupas pangkal daun yang menempel pada batang hingga bersih atau bisa juga membelah pada area calon tunas, dalam waktu kurang dari 1 minggu biasanya akan segera tumbuh tunas-tunas baru.
Tunas-tunas baru akan segera muncul pada batang yang tidak tertutup pangkal daun, terkadang disertai tumbuhnya akar jika kondisi batang terlindung dari sinar matahari dan cuaca tidak panas, karena secara umum pertumbuhan akar akan terangsang jika tidak terkena paparan sinar matahari.
Perkembangan tunas rumput odot setelah 2 minggu pemotretan foto yang atas, perhatikan tanda panah merah dalam 2 foto ini. Klik untuk memperbesar gambar.
Foto closeup dari depan terlihat jelas jumlah dan ukuran tunas hampir sama besarnya dengan batang induk yang menunjukkan perkembangan selanjutnya lebih baik, hal ini dipengaruhi oleh kesuburan tanah. Tanda panah orange tua menunjukan calon tunas baru.

Perbanyakan Alami Pada Tanaman Rumput Odot

Secara alami rumput odot akan berkembangbiak melalui anakan yang muncul disisi tanaman induk, rata-rata memiliki ukuran lebih besar dari batang induknya, besar kecil pertumbuhan batang selanjutnya dipengaruhi oleh perawatan dan kesuburan tanaman, karena kadang ketika awal muncul anakan terlihat subur segar dan akan tumbuh besar, pada akhirnya bisa menjadi kecil. Solusinya, dengan menjaga kebutuhan nutrisi tanaman rumput odot agar tetap stabil.

Setelah 2 minggu pemotretan, perkembangan anakan terlihat cepat besar dan tinggi, terlihat rebung merah berukuran hampir sama besarnya dengan pangkal batang induk.

Ingin berbagi pengalaman atau bertanya, silahkan gunakan menu komentar yang akan kami jawab segera.
Terimakasih, semoga sukses.